Tim Rapat di Rumah Dinas

Kabupaten-welas-asih-bojonegoroSetelah upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro ke 337 tahun 2014, Bupati Bojonegoro Kang Yoto langsung memimpin rapat membahas pencanangan Kabupaten welas asih. Dalam kesempatan ini, Bupati mengakui bahwa pembangunan di Bojonegoro selama ini belum mengakomodir mereka yang memiliki kebutuhan khusus, hal ini membuat saat ini pembangunan harus mengakomodir semua kalangan termasuk para disable hingga lansia.

Anggota Global Compassion Council, Haidar Bagir menjelaskan tentang kaidah emas yang menjadi pedoman dari Kabupaten welas asih. Haidar menyampaikan beberapa konsep kabupaten welas asih dalam beberapa aspek, diantaranya di sektor ekonomi dengan contoh pembatasan pasar swalayan modern untuk menjaga kelangsungan ekonomi dibawahnya. hanya saja untuk ini sesuai dengan kebijakan masing-masing daerah.

Inti dari program Kabupaten welas asih ini adalah melindungi kesejahteraan fisik maupun materi bagi warganya. Bahkan, fasilitas publik diharuskan mengakomodir semua kepentingan masyarakat. Haidar menyampaikan bahwa Bojonegoro sudah masuk kota welas asih di dunia, dan apabila diperlukan pihaknya siap untuk melakukan pendampingan. Tim welas asih Indonesia dalam pendampingannya tidak membutuhkan anggaran serupiah pun atau “0” rupiah dalam turut serta mengembangkan budaya welas asih di Bojonegoro dan Indonesia.

Gerakan welas asih adalah gerakan budaya lintas agama yang bercita-cita mengembalikan budaya welas asih ditengah konflik yang terjadi di negara-negara dunia. Gerakan yang dimotori oleh Karen Amstrong mantan seorang biarawan. Lalu tokoh dunia dikumpulkan kemudian membuat piagam welas asih. Kabupaten yang dideklarasikan sebagai Kabupaten welas asih harus menerapkan program welas asih diberbagai sektor antara lain sektor perkotaan, perekonomian, kesehatan, lingkungan, penddikan.

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>